Thursday, January 19, 2012

Tata Cara Makan Sushi yang Tepat


Sushi sering disebut sebagai makanan mentah. Sashimi dan temaki adalah salah satu menu sajian dari sushi. Makanan dengan porsi kecil dan mengenyangkan ini banyak disukai orang. Kalau siang nanti akan makan sushi, simak dulu etiketnya!

Sushi berasal dari Jepang maka orang sering menyebutnya dengan sushi Jepang yang berarti makanan yang berasal dari beras dan sedikit lauk, ketimun dan wasabi, dan dibalut dengan nori atau rumput laut.
Sushi dikenal sejak abad ke-4 SM, saat itu sushi digunakan sebagai makanan yang diawetakan, seperti ikan asin difermentasikan dengan nasi. Proses fermentasi dilakukan dengan penyimpanan selama beberapa bulan, kemudian hanya ikan yang dimakan sedangakn nasinya dibuang.

Ada anggapan yang mengatakan sushi adalah ikan mentah. Sebenarnya sushi adalah makanan yang menggunakan nasi dan dibumbui cuka beras. Sementara ikan mentah bisa menjadi lauk utama dalam sushi, sedangkan elemen utama dari sushi adalah nasi. Ada juga beberapa seafood dan sayuran yang dimasak terlebih dahulu.

Kini banyak jenis sushi yang memakai bahan matang dan bahkan sushi yang digoreng. Sushi jenis ini dikenal dengan sebutan ‘fusion sushi’. Isian dan toppingnya sangat beragam. Termasuk pemakaian mayones dan saus cabai dan tomat sebagai pelengkapnya.

Beberapa jenis sushi seperti Nilgiri (potongan seafood yang ditempatkan di atas bola nasi), Sashimi (daging ikan mentah yang diiris tanpa nasi), Makisushi (nasi dengan seafood dibalut rumput laut)dan lainnya, yang jadi menu resto sushi.


Untuk menyantap sushi ada beberapa hal yang harus diperhatikan :


1.Jangan celupkan sushi ke dalam shoyu terlalu lama, hal itu akan membuat shoyu menyerap ke dalam nasi. Akibatnya rasa sushi akan terlalu asin. Celupkan sedikit bagian atas sushi, bukan bagian nasinya.


2.Jangan menggunakan sumpit yang sudah dimasukkan ke dalam mulut untuk mengambilkan sushi untuk teman Anda.


3.Jika Anda memilih makanan satu piring untuk bersama-sama, sebaiknya gunakan ujung sumpit atau membalik sumpit.


4.Tidak sopan jika menggigit sepotong makanan kemudian meletakkan di piring dan mengganti setengahnya dengan jenis sushi yang lain. Sebaiknya langsung makan sushi sekaligus. Karena biasanya sushi dalam bentuk sekali suap.


5.Sushi paling cocok dimakan dengan celupan shoyu dan wasabi serta gari. Usahakan untuk tidak mencocol dengan saus cabai atau saus yang lain yang bisa merusak cita rasa sushi.

6.Jangan merokok saat akan makan sushi karena akan merusak aroma ikan atau seafood yang segar.

Apa minuman yang pas penamping makan sushi? Minuman terbaik yang cocok diminum dengan sushi adalah minuman yang dapat meningkatkan rasa sushi. Rasa kuat yang dimiliki sushi berasal dari wasabi dan gari (acar jahe). Sake (arak beras), dan white wine merupakan minuman yang tepat.. Selain itu ocha (teh Jepang) dingin dan panas untuk minuman non alkohol.



sumber : http://blog.indojunkers.com/2012/01/tata-cara-makan-sushi-yang-tepat/

No comments:

Post a Comment