Thursday, January 26, 2012

Olahraga Bersama Bisa Bikin Bos Galak Jadi Lebih Ramah

Saat berhadapan dengan bos yang galak, jangan berharap bisa mengubah karakternya hanya dengan mengajaknya bercanda karena bisa saja malah jadi tambah galak. Ajak saja olahraga, sebab diyakini hal itu bisa membuatnya jadi lebih ramah.



Dengan tanggung jawab dan juga beban kerja yang lebih berat, sangat wajar jika atasan di kantor lebih rentan mengalami stres dibanding bawahan. Sayangnya, stres itu kadang dilampiaskan dengan sikap ketus atau memarahi bawahan sehingga terkesan galak.

Dalam kondisi seperti ini, usaha apapun yang dilakukan bawahan untuk mencairkan suasana sering tidak berhasil. Dampaknya, suasana kerja menjadi kurang nyaman dan dalam jangka panjang tidak hanya mengurangi produktivitas secara individual tetapi juga secara tim.

Para peneliti dari Northern Illinois University dan University of Illinois mengungkap, cara terbaik untuk melunakkan sikap rekan kerja atau khususnya atasan yang galak adalah dengan mengajaknya olahraga. Olahraga ringan bisa mencairkan sikap dingin di tempat kerja.

Kesimpulan ini ditarik berdasarkan pengamatan gaya hidup 98 supervisor dari berbagai perusahaan di Illinois, yang dibandingkan dengan pendapat karyawan lain tentang sikapnya di tempat kerja. Ternyata seperti dikutip dari Livescience, Kamis (26/1/2012), makin rajin seorang supervisor berolahraga, makin ramah pula pembawaannya di kantor.

Demikian juga ketika seorang supervisor jarang berolahraga, maka pembawaannya di kantor cenderung lebih dingin dan sering memarahi bawahannya. Beberapa responden mengaku sering dikatai bodoh di depan rekan kerja yang lain oleh supervisornya yang galak.

Jenis olahraga tidak terlalu berpengaruh, demikian juga intensitasnya apakah cuma olahraga ringan atau berat. Para peneliti hanya menyarankan, sesibuk apapun para karyawan apalagi atasan untuk meluangkan waktu 1-2 hari dalam sepekan untuk berolahraga.



sumber : http://www.detikhealth.com/read/2012/01/26/165514/1826111/763/olahraga-bersama-bisa-bikin-bos-galak-jadi-lebih-ramah?l1101755

No comments:

Post a Comment