Tuesday, January 17, 2012

Asal Usul Unik Makanan

Sesuatu yang buruk ternyata bisa berakhir istimewa.

 

VIVAnews - Sesuatu yang direncanakan dapat berakhir menjadi ketidaksempurnaan, tetapi juga bisa menjadi lezat dan idaman. Tahukah Anda jika brownies, es krim, keripik kentang, dan kopi diciptakan secara tak sengaja alias kebetulan?

Berikut beberapa makanan yang tercipta melalui proses kecelakaan dan kini menjadi makanan yang digemari sepanjang masa.

Chocolate chips cookies
Ruth Wakefield, seorang pemiliki penginapan House Inn di Wakafield, Massachusetts, mencoba menjamu tamunya dengan kue cokelat. Sayangnya, cokelat chip yang ditaburkan di atas kuenya tidak meleleh dengan sempurna. Tapi siapa sangka jika kue kering gagal ini menjadi cemilan favorit di seluruh dunia.

Es krim

Pada tahun 1905, anak kecil yang bernama Frank Epperson lupa membawa masuk minuman sodanya ke dalam rumah pada saat musim dingin. Esok harinya ia memasukan tongkat kecil ke dalam gelasnya yang telah membeku, kemudian ia menarik dan mencicipinya. Di sinilah ia menemukan ide untuk membuat es krim. Es ini diberi nama es loly pop.

Keripik kentang

Pada tahun 1853, koki George Crum kesal dengan salah satu orang pelanggannya yang secara terus menerus mengembalikan kentang goreng buatannya dengan alasan kurang renyah. Selanjutnya Crum mengiris kentang tersebut menjadi tipis dan menggorengnya, kemudian membubuhi garam di atasnya. Kentang ini pun menjadi cemilan yang fenomena di New England dan di sebut 'Saratoga Chips' sesuai dengan nama kotanya.

Kopi

Para pengembala kambing di daerah Ethopia melihat ternak mereka lebih lincah setelah mengunyah biji-bijian yang menyerupai buah beri merah. Rasa penasaran membuat penggembala ini ikut mencobanya, rasa pahit dari biji-bijan ini ternyata mampu menimbulkan sensasi kenikmatan terutama pada saat menghirup aromanya.

Brownies
Berawal dari seorang pemuda yang berniat menjual kue cokelat karena lupa memasukan baking powder membuat kue itu menjadi bantet. Tekstur kue cokelat yang harusnya lembut dan mengembang menjadi padat dan agak basah. Tapi siapa sangka kalau kue ini juga menjadi kue idaman semua orang. (eh)


sumber : http://kosmo.vivanews.com/news/read/280742-asal-usul-unik-makanan

 

No comments:

Post a Comment